Inspiratif! 10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Memilih Hidup Mereka

Setiap orang niscaya pernah mengalami kegagalan, tidak semua insan dalam kehidupannya selalu sukses dalam sekejap menggapai impiannya. Semua niscaya dilaluinya dengan niat besar lengan berkuasa dan usaha keras serta penuh tantangan yang bermacam-macam. Salah satunya yaitu kegagalan. Tidak jarang pula kegagalan tersebut membuatnya frustasi untuk meraih kesuksesannya. Padahal kegagalan bukanlah selesai dari segalanya. Apakah kegagalan akan menentukan kehidupan kita? Ataukah kita akan bangun kembali sesudah kegagalan?

Setiap orang niscaya pernah mengalami kegagalan Inspiratif! 10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka

10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka

Berikut yaitu dongeng wangsit dari orang terkenal di dunia yang mengubah kegagalan menjadi kesuksesan. Orang-orang ini telah berhasil meraih kesuksesan dari kegagalan yang mereka alami. Semoga dongeng ini memberi wangsit kepada kita semua; menggugah kembali semangat kita disaat kita frustasi lantaran kegagalan yang kita alami.

#1 Bintang Olahraga Glenn Cunningham

Sebelum: Suatu ketika seorang anak terjebak dalam peristiwa alam kebakaran, ia mengalami luka bakar sangat serius di bab bawah tubuhnya. Bahkan dokter telah memvonis ia tidak akan bertahan hidup, meskipun ada kesempatan hidup ia akan mengalami kelumpuhan selama hidupnya. Ia tidak akan bisa lagi hidup normal menyerupai teman-teman lainnya. Tentu hari-harinya akan terasa membosankan.

Tetapi anak itu mempunyai tekad sangat besar lengan berkuasa untuk tetap bertahan hidup. Setelah keluar dari rumah sakit ia hanya bisa duduk dikursi roda, tidak bisa berdiri, berjalan, apalagi berlari. Hari demi hari ia lewati bersama kursi rodanya. Suatu ketika ia termangu sendiri bersama kursi roda yang selama ini setia menemaninya. Ia ingin melawan kelumpuhannya, ia tidak mau selamanya hidup dalam kelumpuhan. Kemudian ia menjatuhkan diri dari kursi rodanya, ia yakin niscaya bisa berdiri lagi.

Berkat tekad kuatnya ia terus berusaha dan terus mencoba berdiri sendiri, bertahap ia menyeret tubuhnya ke tepi pagar untuk mencari pegangan. Dalam pikirnya tidak ada hal yang diinginkannya selain bisa kembali berdiri, ia yakin bisa kembali berdiri tanpa santunan orang lain. Hari demi hari, bulan berganti tahun ia tetap berlatih, tidak ada kata frustasi baginya. Berkat keteguhan dan kegigihannya kesudahannya ia bisa merangkak, berdiri, berjalan, bahkan berlari.

Setiap orang niscaya pernah mengalami kegagalan Inspiratif! 10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka

Sesudah: Kini ia telah kembali normal dan kembali melanjutkan sekolahnya. Ia berjalan menuju sekolahnya, ia berlari menuju sekolahnya, berjalan dan berlari menikmati kebahagiaan hidupnya. Bisa kembali berlari merupakan pujian terbesar olehnya dan kesudahannya berlari yaitu hobinya. Dirasa ingin menyebarkan hobinya ia pun membentuk tim berlari di sekolahnya.

Dikatakan sebelumnya bahwa Glenn Cunningham tidak akan bisa bertahan hidup, tidak akan bisa kembali berjalan apalagi berlari. Tetapi pada bulan Februari 1934 di Madison Square Garden, New York City  Glenn Cunningham telah mencatat rekor sebagai pelari tercepat jarak satu mil. Sehingga ia mendapat penghargaan dan penghormatan yang sangat luar biasa dari atlet terkenal pada masa itu.

“Jika saya bisa meminta supaya hidupku sempurna, itu hanyalah godaan menggiurkan. Tetapi dengan sangat terpaksa saya menolaknya, lantaran bila saya menerimanya maka saya tidak sanggup mengambil pelajaran dari kehidupan ini” Itulah kalimat yang selalu diucapkan oleh sang bintang olahraga Glenn Cunningham. Sebuah pembuktian berpikir positif dan tekad kuad dari Glenn Cunningham terus memperlihatkan wangsit bagi orang banyak. Sebuah dongeng dan bukti kasatmata untuk bagaimana kita bisa bangun kembali dari segala rintangan yang kita hadapi.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Glenn_Cunningham_(athlete)

#2 Pengusaha Sukses Crhis Gardner

Untuk kisah yang satu ini merupakan salah satu idola penulis. Kisah usaha hidup dia yang penuh usaha selama hidupnya, membuat penulis merasa sangat terinspirasi. Oleh lantaran itu, penulis membuat postingan khusus untuk menceritakan kisah beliau. Untuk lebih lengkapnya perihal kisah penuh wangsit dari dia silahkan baca pada halaman yang saya beri judul "Pengusaha Sukses Chris Gardner".

#3 Sang Petualang Liar Bear Grylls

Sebelum: Pada tahun 1996 Bear Grylls mengalami kecelakaan terjun bebas yang sangat mengerikan. Kecelakaan itu bermula ketika parasut yang dipakai untuk terjun payung robek pada ketinggian kurang lebih 4.900 meter, kurang lebih 5 kilometer. Sebagian parasut robek tersebut membuat Bear Grylls resah tanpa kendali dan membuatnya jatuh dari ketinggian tersebut. Akibat dari kecelakaan itu sebagian tulang punggung Bear Grylls hancur. Setelah dilarikan kerumah sakit, dokter memperlihatkan pernyataan bahwa Bear Grylls akan mengalami kelumpuhan seumur hidup.

Tetapi Bear Grylls bukanlah orang pengecut, ia bukan penakut, ia yaitu orang pemberani yang tidak akan menyianyiakan kesempatan yang sudah ada didepan mata. Berkat keberaniannya Bear Grylls tetap optimis bahwa kehidupannya niscaya bisa kembali normal. Kemudian Bear Grylls melaksanakan rehabilitasi militer di Headly Court selama 12 bulan lebih.

Setiap orang niscaya pernah mengalami kegagalan Inspiratif! 10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka

Sesudah: Pencapaian petualang Bear Grylls diawali dengan keberhasilannya mendaki gunung Everest dan bisa kembali dengan selamat. Keberhasilan pendakian tersebut membuatnya mendapat rekor pendaki termuda dalam Guinness Book of Records. Kemudian disusul dengan petualangan hebat berikutnya yaitu menjalankan misinya untuk menjelajahi samudera Artik yang membeku, Bear Grylls berhasil dan mendapatkan dana sebesar 2.500.000 USD. Dan bukan hanya itu, melaui program TV Man vs Wild yang ditanyangkan oleh Discovery Channel, Bear Grylls harus kembali melaksanakan terjun payung yang sebelumnya sudah mengalami kecelakaan tetapi ia tetap gagah berani. Bahkan kali ini Bear Grylls harus terjun payung ke lokasi-lokasi paling ekstrim dan ditantang bertahan hidup di lokasi paling ekstrim tersebut. Melalui tayangan Discovery Channel itu, Bear Grylls menjadi orang terkenal di dunia yang ditonton oleh lebih dari 1.2 milyaran penonton di seluruh belahan dunia.

Dan masih banyak petualangan serta pencapaian Bear Grylls lainnya yang bisa memperlihatkan wangsit kepada kita semua. Satu dari sekian banyak pelajaran yang sanggup kita ambil yaitu bahwa untuk membuat harapan menjadi kenyataan kita dilarang ragu mengejarnya. “Anda hanya mendapatkan satu kesempatan hidup, jadi Anda harus meraihnya dengan berani”, begitulah kutipan kata dari Bear Grylls.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Bear_Grylls

#4. Software Engineer Brian Acton

Sebelum: Brian Acton merupakan laki-laki andal IT lulusan Stanford University. Banyak perusahan besar IT yang pernah ia singgahi menyerupai Apple Computer Inc, Rockwell Internasional, dan Adobe System. Termasuk perusahaan besar lainnya yaitu Yahoo, ia bekerja di yahoo mulai dari tahun 1996 hingga tahun 2007 dengan jabatan terkahir di yahoo sebagai vice president of engineering.
Pada kesempatan berikutnya, tepatnya tahun 2009. Brian Acton mencoba melamar untuk bekerja di perusahan jejaring sosial terbesar di dunia yaitu facebook dan twitter. Namun lamaran itu ditolak oleh kedua perusahaan tersebut. Ternyata keahlian dan pengalaman kerja Brian Acton selama bertahun-tahun tidak cukup membuat lamarannya diterima oleh facebook dan twitter.

Setiap orang niscaya pernah mengalami kegagalan Inspiratif! 10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka

Sesudah: Penolakan oleh facebook dan twitter tidak membuat Brian Acton putus asa. Namun sebaliknya, penolakan tersebut menjadi tantangan bagi Brian Acton. Ia akan memperlihatkan kepada dunia bahwa facebook dan twitter telah melewatkan kesempatan emas yang tiba padanya. Kemudian Brian Acton mulai bekerja sama dengan Jan Koum yang juga merupakan mantan pekerja perusahaan Yahoo membangun sebuah aplikasi yang bukan hanya didominasi pesan berbasis cloud. Aplikasi tersebut tidak lain yaitu WhatsApp.

Dan ternyata hasilnya luar biasa. WhatsApp telah berkembang pesat, terbukti dengan penggunanya semakin hari semakin banyak. Brian Acton telah membalik keadaan dengan menjual WhatsApp kepada facebook dengan nilai yang sangat fantastis yaitu 19 milyar USD (kurang lebih Rp. 223 Triliun). “Menantikan petualangan kehidupan berikutnya”, setidaknya itulah yang dikatakan Brian Acton sesudah ditolak facebook. Memberi kita wangsit kepada kita bahwa penolakan bukan berarti kegagalan.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Brian_Acton

#5. Pemain Hoki India Sandeep Singh Binder

Sebelum: Sandeep Singh Binder, bagi para pecinta olahraga hoki mungkin namanya tidak asing lagi. Dia yaitu pemain profesional hoki India dan mantan kapten Tim Nasional India. Dia membuat debut internasional pada Januari 2004 di Sultan Azlan Shah Piala Di Kuala Lumpur. Dia mengambil alih sebagai kapten tim nasional India pada Januari 2009. Selama puncak karirnya, ia dikatakan mempunyai kecepatan terbaik di dunia (speed 145 km / h). Pada tanggal 22 Agustus 2006, Sandeep Singh Binder terluka parah sesudah terkena tembakan disengaja di kereta Shatabadi, insiden itu terjadi ketika dalam perjalanan untuk bergabung dengan tim nasional yang berangkat ke Piala Dunia di Jerman dua hari kemudian. Ia hampir lumpuh dan hanya duduk di kursi roda selama dua tahun hidupnya.

Setiap orang niscaya pernah mengalami kegagalan Inspiratif! 10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka

Sesudah: Berkat semangat dan tekad kuatnya untuk bisa kembali bermain bersama timnya, Sandeep Singh Binder tidak hanya pulih dari cedera seriusnya, tetapi ia juga mengambarkan dirinya sebagai kapten tim. Kembalinya Sandeep Singh Binder, tim India berhasil meraih piala Sultan Azlan Shah pada tahun 2009 sesudah mengalahkan Malaysia di tubruk final. India berhasil memenangkan gelar sesudah menunggu selama 13 tahun. Sandeep Singh Binder juga merupakan pencetak gol terbanyak turnamen kala itu. Pada tahun 2010, Sandeep Singh Binder dianugerahi penghargaan Arjuna atas prestasinya dalam olahraga hoki di India. Dan masih banyak lagi penghargaan serta prestasi yang diperoleh Sandeep Singh Binder. Ia telah memperlihatkan kepada kita akan semangat juangnya bangun dari kelumpuhan demi tim yang dicintainya.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Sandeep_Singh

#6. Pendiri Microsoft Bill Gates

Sebelum: Siapa yang tidak kenal dengan Bill Gates, Pria berjulukan lengkap William Henry "Bill" Gates III (lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955) merupakan pendiri perusahaan terkenal di dunia Microsoft bersama temannya, Paul Allen. Kesuksesan Bill Gates tentu saja tidak diraihnya dengan mudah. Berikut sekilas kisah sebelum kesuksesan yang berhasil diraih oleh Bill Gates.

Masa kecil Bill Gates mempunyai kepribadian yang susah dikrontrol orang tuanya, karenanya muka Bill Gates pernah dilempar botol minuman oleh ayahnya. Setelah beranjak dewasa, lagi-lagi Bill Gates membuat kecewa kedua orang tuanya dengan keputusan keras kepalanya untuk menentukan droup out dari Harvard University lantaran ia ingin fokus membangun microsoft bersama Paul Allen. Kemudian tahun 1998, microsoft dianggap telah memonopoli pasar software sehingga membuatnya harus diseret ke pengadilan, reaksi kala itu pun beragaman, ada yang kontra dan ada juga pro dengan Bill Gates.

Setiap orang niscaya pernah mengalami kegagalan Inspiratif! 10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka

Sesudah: Susah-susah dahulu manis kemudian, itulah yang kini Bill Gates rasakan. Hasil karya Bill Gates telah dirasakan banyak insan di seluruh dunia. Kekayaan Bill Gates sungguh luar biasa, ia merupakan orang terkaya Amerika Serikat (AS) versi Forbes. Bahkan ada beberapa mengatakan, andai saja kekayaan Bill Gates ditukarkan dengan keping recehan, mungkin dengan triliunan keping recehan tersebut Bill Gates bisa membuat jalan dari bumi ke bulan. Dan bukan hanya kekayaan saja yang didapat Bill Gates, tetapi juga penghargaan-penghargaan dari tahun ke tahun diperoleh Bill Gates berkat karya dan prestasinya tersebut.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Bill_Gates

#7. Pengusaha Kartunis Walt Disney

Sebelum: Walt Disney bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Sebelum ia menjadi legenda menyerupai sekarang, orang ini berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pada tahun 1919, ketika bekerja disebuah perusahaan koran, ia dipecat oleh editor koran lantaran dirasa ia "tidak mempunyai imajinasi dan tidak mempunyai ide yang bagus". Pada Januari 1920, Walt Disney mencoba keberuntungan dengan mendirikan sebuah perusahaan "Iwerks-Disney Commercial Artists" di kota kelahirannya, Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Ia mulai membuat dan memasarkan filem animasi pendeknya, lantaran minimnya pengalaman ia kalah saing dengan perusahaan animasi lainnya kala itu dan perushaan Walt Disney kesudahannya gulung tikar satu tahun kemudian. Tahun 1923, Walt Disney bukanlah siapa-siapa. Bermodal uang seadanya, seperangkat alat tulis kartun, dan segelintir imajinasi yang dimilikinya, ia terus berusaha menjadi kartunis hebat.

Setiap orang niscaya pernah mengalami kegagalan Inspiratif! 10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka

Sesudah: Tahun 1928, Walt Disney mencoba keberuntungannya lagi dengan membuat tokoh kartun “Oswald the Lucky rabbit”. Tokoh kartun inilah yang merupakan salah satu keberhasilan besar pertamanya di bisnis kartun. Tetapi lagi-lagi Walt Disney harus mengalami kegagalan lantaran tokoh kartun “Oswald the Lucky rabbit” yang diciptakannya belum mendapatkan hasil sesuai harapan. Jatuh bangun Walt Disney rasakan, ia terus mencoba dan terus mencoba, ia tetap mencoba keberuntunganya dengan membuat tokoh kartun lainnya. Hinga kesudahannya terciptalah tokoh kartun gres yang kini membesarkan namanya, “Mickey Mouse”. Terbukti dengan penghargaan yang diperoleh Walt Disney berkat tokoh kartun barunya “Mickey Mouse” dengan meraih kemenangan piala Oscar kala itu. Dalam tahun-tahun berikutnya Walt Disney terus membuat karya-karyanya menyerupai “Pinokio”, “Bambi”, “Dumbo”, dan “Fantasia”. Meskipun kini Walt Disney telah wafat, namun karya-karyanya tetap berlanjut hingga sekarang. Walt Disney telah memberi pelajaran kepada kita bahwa kita dilarang membiarkan serangkaian kegagalan menentukan hidup kita, harus tetap berdiri kokoh walaupun menghadapi rintangan terberat.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Walt_Disney

#8. Pemanjat Tebing Ajaib Hugh Herr

Sebelum: Pendaki ajaib, itulah julukan Hugh Herr. Bagaimana tidak, diusianya yang gres berumur 8 tahun ia telah berhasil mendaki tebing dengan ketinggian kurang lebih 3.544 m. Dan diusianya yang masih muda, 17 tahun. Ia telah menjadi pendaki terbaik di Amerika Serikat kala itu.
Pada bulan Januari 1982, Hugh Herr harus mengakhiri karirnya sebagai pendaki jawaban kecelakaan yang dialaminya. Kecelakaan itu terjadi ketika Hugh Herr bersama rekan-rekannya terjebak dalam topan salju ketika melaksanakan pendakian di gunung Washington, New Hampshire. Yang mana mengharus mereka melewati 3 malam dengan suhu -20 derajat Celcius. Meski nyawa Hugh Her dan rekannya sanggup diselamatkan, tetapi kedua kaki Hugh Herr harus diamputasi hingga di bawah lutut. Akibat kecelakaan tersebut, Hugh Herr berubah menjadi eksklusif yang pesimis ketika melihat ketidak mampuan fisiknya.

Setiap orang niscaya pernah mengalami kegagalan Inspiratif! 10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka

Sesudah: Ternyata jawaban dari kecelakaan yang terjadi pada tahun 1982 bukanlah selesai karir Hugh Herr. Ia sadar bahwa bila hanya membisu maka karir yang telah dicapainya selama ini hanya akan menjadi kenangan pahit baginya. Hugh Herr pun mulai bereksperimen dengan mencoba membuat kaki palsu. Percobaan demi percobaan ia lakukan, dan hingga kesudahannya ia berhasil membuat kaki robot, semua itu berhasil ia capai berkat tekad kuadnya untuk kembali menjadi pendaki yang hebat lagi. Bahkan dengan kaki robot barunya ini Hugh Herr bisa menjadi pendaki lebih hebat dari sebelumnya. Dan tidak hanya itu, berkat eksperimen dan keberhasilannya membuat kaki robot, Hugh Herr menjadi seorang profesor di Program MIT di Media Arts dan ilmuan di Harvard MIT Divisi Ilmu Kesehatan dan Teknologi.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Hugh_Herr

#9. Sutradara Hebat Steven Spielberg

Sebelum: Pria berjulukan lengkap Steven Allan Spielberg kelahiran 18 Desember 1946, Amerika Serikat. Ia merupakan sutradara terkenal Amerika. Banyak film hasil karyanya yang berhasil merajai box office. Ia juga dianggap sebagai salah satu pencetus berdirinya era New Hollywood. Sejak kecil ia memang pecinta film, bakatnya di dunia perfileman mulai terlihat kala memasuki usia remaja, berbekal kamera yang dipinjamnya dari ayahnya ia mulai bereksperimen dengan filem hasil dari kamera sang ayahnya tersebut.

Namun kesuksesan Steven Spielberg tidak didapatkannya melalui cara instan. Banyak kegagalan dan penolakan yang membuatnya harus bekerja keras menggapai mimpinya. Salah kegagalan yang pernah ia alami yaitu ketika ia ingin mencar ilmu di Universitas filem impiannya, University of Southern California, ia ditolak mentah-mentah. Tidak hanya satu kali ia mendapatkan penolakan dari Universitas impiannya itu, tetapi sebanyak tiga kali penolakan. Alasan penolakan itu dikarenakan Steven Spielberg tidak mempunyai nilai cukup anggun semasa ia masih duduk di kursi sekolah.

Setiap orang niscaya pernah mengalami kegagalan Inspiratif! 10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka

Sesudah: Kegagalan yang dalami Steven Spielberg merupakan modal kesuksesannya. Tidak mau kehabisan akal, ia mencoba menyelinap masuk ke dalam kantor Universal Studios, dengan pakaian setelan jas yang rapi dan sebuah koper yang dipinjam dari ayahnya ia melaksanakan penyamaran. Semua itu ia lakukan demi mengejar impiannya. Penyamaran itu berhasil, beberapa kali ia lakukan penyamaran itu tetapi tidak ada yang menyadarinya. Akhirnya banyak pelajaran yang diperoleh Steven Spielberg dari agresi penyamarannya itu.

Meskipun cara itu bukan cara baik dan penuh resiko, tetapi cara nekat itu dilakukan Steven Spielberg terpaksa ia lakukan demi impiannya. Pada tahun 2005, Steven Spielberg dinilai sebagai sutradara film terbesar sepanjang masa oleh Majalah Empire. Diantara filem hasil karyanya yang fenomenal yaitu “Transformer”, “Memoirs of a Geisha”, “Adam Green”, “The Prince of Egypt”. Dan masih banyak lagi filem hasil karyanya yang bisa kita nikmati hingga sekarang.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Steven_Spielberg

#10. Penulis Hebat J.K. Rowling

Sebelum: Bernama lengkap Joanne Kathleen Rowling, lahir di Yate, Gloucestershire, Inggris, tanggal 31 Juli 1965. Sebelum menjadi penulis hebat menyerupai kini ia juga mengalami banyak kegagalan. Suatu waktu J.K. Rowling menderita penyakit despresi klinis dan sempat berpikir untuk bunuh diri. Kemudian pernikahannya juga gagal lantaran ia kerap mendapatkan kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan suaminya kepadanya yang berujung perceraian. Perceraian tersebut membuatnya menjadi pengangguran, hidup miskin serba kekurangan, sedangkan ia juga harus merawat anak kandungnya.
Pada tahun 1990, ketika itu J.K. Rowling sedang dalam perjalanan kereta empat jam tertunda dari Manchester ke London, ide untuk membuat sebuah dongeng “seorang anak muda menghadiri sekolah sihir” terbentuk dalam benaknya. Pada tahun 1995, dengan mesin ketik kuno ia menuntaskan naskah buku pertamanya. Kemudian ia menyerahkan naskah hasil karyanya kepada dua belas penerbit, namun semua penerbit menolaknya.

Setiap orang niscaya pernah mengalami kegagalan Inspiratif! 10 Orang Ini Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka

Sesudah: Karya tulis J.K. Rowling dengan judul “Harry Potter” kini telah sukses dan populer. Buku tersebut telah laku manis dibaca khususnya kalangan remaja. Bukan hanya dalam bentuk karya tulis saja, tetapi “Harry Potter” telah berubah menjadi menjadi film box office yang sangat laku di seluruh dunia. Tahun 2016, Sunday Times Rich List telah memasukkan namanya sebagai orang terkaya peringkat 197 di Inggris. Dan masih banyak lagi prestasi dan penghargaan yang diperoleh J.K. Rowling dari hasil karya-karyanya yang penuh dengan tantangan dan perjuangan.
Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/J._K._Rowling

Demikian dongeng inspiratif dari 10 Orang yang Tidak Membiarkan Kegagalan Menentukan Hidup Mereka. Banyak pelajaran bisa kita ambil dari beberapa kisah wangsit di atas. Bahwa kegagalan bukan selesai dari segalanya, kegagalan merupakan keberhasilan tertunda, kegagalan merupakan guru terbaik, banyak yang akan kita ketahui dari kegagalan yang kita alami. Untuk mencapai kejayaan butuh pengorbanan, perjuangan, serta keberanian. Semoga kisah atau dongeng yang kita baca benar-benar menjadi wangsit bagi kita, benar-benar menggugah semangat kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengusaha Sukses Chris Gardner

Proses Terjadinya Haid Atau Mensturasi (Proses Haid)

Tips Sederhana Menghilangkan Rasa Malas Kuliah