Bacalah Ini Agar Kau Lebih Rajin Menabung

Bagi mereka yang suka hidup sederhana, menabung merupakan suatu hobby yang asyik dan menyenangkan untuk dikerjakan, tanpa ada paksaan, tuntutan, ataupun keharusan. Sebab menabung baginya yaitu sebuah hobby yang tidak sanggup ia tinggalkan. Namun bagi mereka yang bahagia hidup berfoya-foya dan menyayangi kemewahan, menabung merupakan masalah tersulit atau bahkan petaka. Jangankan menyisihkan uang untuk keluarga, untuk dirinya sendiri sebagai simpanan di kehidupan yang akan tiba ia tidak akan rela. Tidak heran bila banyak orang yang menyesal dimasa tuanya lantaran tidak ada tabungan sama sekali, uang telah habis semasa mudanya tanpa berpikir bagaimana kondisi ketika sudah renta nanti.

 menabung merupakan suatu hobby yang asyik dan menyenangkan untuk dikerjakan Bacalah Ini Supaya Kamu Lebih Rajin Menabung

Apakah kau demikian? Berpikir menghabiskan uang mumpung ada kesempatan, hidup cuma sekali dan belum tentu hidup hingga tua, uang selalu sanggup dicari kenapa susah-susah menabung. Jika kau berpikir menyerupai ini, mulai kini buanglah jauh-jauh pikiran tersebut. Ada suatu waktu kita niscaya sangat membutuhkan uang tabungan disebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan dan belum terbayangkan sebelumnya, contohnya kala sakit untuk segera berobat, dan kebutuhan mendadak lainnya. Kaprikornus menabung bukan hanya untuk persediaan dimasa tua, kapanpun dan dimanapun kita niscaya butuh uang simpanan.

#1. Hakikat Menabung


Menabung yaitu menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk tujuan tertentu dan dalam jangka waktu terntentu. Dan dengan perencanaan yang sudah matang uang tersebut dilarang dipakai atau diganggu hingga waktu yang telah ditentukan dan jumlah sasaran terpenuhi.
Faktor Penyebab Sulitnya Menabung

1.1. Tidak memperkirakan isi saldo

Kebiasaan negatif yang harus dijauhi yaitu hirau taacuh terhadap isi saldo. Seseorang yang tidak mau tahu dengan hal tersebut (isi saldo) akan selalu merasa kondusif akan isi saldonya, padahal tanpa diketahuinya isi saldo tidak menyerupai yang dibayangkan. Dan disaat beliau membutuhkan beliau akan merasa sangat kebingungan. Rasa hirau taacuh tersebut juga akan menciptakan sesorang susah menabung lantaran merasa selalu aman.

1.2. Praktis termakan suasana

Kebiasaan ini kebanyakan dimiliki oleh kaum wanita. Saat jalan-jalan di mall atau supermarket mata mereka akan tertuju pada barang-barang yang berdasarkan mereka sangat menarik. Apalagi disaat ada diskon besar-besaran, maka tanpa berpikir panjang mereka akan pribadi menyerbunya, padahal semua itu tidaklah terlalu penting kegunaannya.

1.3. Salah perhitungan

Saat mendapat honor dari hasil jerih payah pekerjaan, maka hitunglah dengan matang antara pemasukan dan pengeluaran. Jangan hingga uang pemasukan habis sebelum waktunya. Gaji memang ditunggu-tunggu, namun jangan sesekali dijadikan pelampiasan. Ingatlah betapa susahnya pekerjaan supaya tidak simpel merelakan uang dihabiskan secara percuma.

1.4. Tidak mempunyai perencanaan menabung

Menabung merupakan hal yang sangat penting dalam hidup untuk menunjang kebutuhan dimasa depan lantaran insan tidak tau apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Hanya saja ada sebagian orang yang tidak memperhatikan hal tersebut hanya lantaran dirinya tidak mengerti cara menabung dengan baik dan benar, dan juga masih belum mempunyai tujuan yang sangat penting dari menabung.

1.5. Tidak memodifikasi pengeluaran

Kewajiban bagi setiap orang untuk memodifikasi sebuah pengeluaran yang dikeluarkan dari pendapatan perjuangan atau bisnis. Ada kalanya pengeluaran yang biasanya sanggup dikurangi.

#2. Manfaat Menabung Untuk Masa Depan


Menabung ternyata mempunyai manfaat yang sangat banyak, walaupun tidak secara pribadi sanggup dirasakan namun kita akan mencicipi keuntungannya di masa depan. Adapun beberapa manfaat tersebut yaitu sebagai berikut:

2.1. Belajar hidup ekonomis dan sederhana

Menabung akan mengajarkan hidup sederhana dan hemat. Tanpa hidup ekonomis kita tidak akan sanggup menyisihkan sebagian uang kita untuk di tabung. Hidup ekonomis menunjukkan manfaat yang luar biasa dimasa depan.

2.2. Belajar mengatur keuangan pribadi

Dengan menerapkan hidup ekonomis berarti kita harus mengakumulasikan keuangan dengan sebaik mungkin, dengan begitu tanpa disadari kita telah berguru mengatur keuangan kita sendiri. Dimasa depan kelak ternyata hal ini sangatlah bermanfaat, apalagi bila kita masih remaja, hal ini akan lebih menggampangkan ketika sudah berumah tangga kelak.

3.2. Menghindari hutang

Saat kita berada pada posisi mendesak dan mendapat kesulitan dimana ketika itu kita membutuhkan uang dengan jumlah yang sangat banyak, disinilah tugas menabung sangatlah penting. Kita tidak perlu mondar mandir mencari hutang lantaran tabungan yang selama ini kita jaga siap membantu di ketika telah dibutuhkan.

Selain ketiga manfaat di atas bahwasanya masih aneka macam manfaat menabung menyerupai sebagai persiapan biaya pendidikan, pensiun, kesehatan, dan lain sebagainya.

#3. Cara menabung yang baik dan benar


Menabung yaitu hal yang sangat menjanjikan keuangan dimasa depan, namun masih aneka macam orang-orang yang resah dengan cara menabung yang baik dan benar. Nah pada kesempatan ini akan saya hidangkan di bawah ini:

3.1. Sisihkan pendapatan

Dengan honor yang banyak bukan berarti sanggup berfoya-foya sesuka hati. Dengan tidak berpikir hari esok sehingga dalam satu hari saja sanggup menghabiskan 50 % dari honor yang di dapat. Apa tidak sia-sia alhasil sudah susah payah bekerja, lelah menunggu gajian, sehabis honor cair pribadi habis kala itu. Maka dari itu ketika mendapat gaji, segeralah sisihkan uang itu untuk menabung.

3.2. Hemat

Berhidup hematlah, jangan boros dalam memakai barang dan jasa. Supaya tidak pergi ke dokter maka jagalah kesehatan, matikan lampu dan listrik apabila sudah tidak digunakan, dll.

3.3. Jangan memakai kartu kredit

Jangan sesekali memakai kartu kartu kredit ketika belanja apabila ketika di mall. Memang semua itu sangat nyaman dan mudah, tetapi tanpa disadari uang yang diguankan untuk berbelanja semakin menipis tidak terasa. Karena ketidaksadaran dalam memakai kartu kredit yang hiperbola maka tagihan diakhir bulan akan membingungkan diri sendiri, Kaprikornus kalau sanggup gunakanlah kertu kredit sebijak mungkin.

3.4. Membuat sekala prioritas

Skala prerioritas sangatlah penting dalam mengatur keuangan. Catatlah semua kebutuhan yang paling penting dan mendesak. Belanjalah dari kebutuhan terpenting bukan kebutuhan yang memuaskan hati saja.

3.5. Jangan terlalu stay-update

Hiduplah sesederhana mungkin, tidak usah terlalu mengikuti trend. Ketika sudah mempunyai gadget yang kategori terbaru ditahun ini, kemudian tahun depan ada keluaran model terbaru lagi, jangan hingga tergiur untuk membelinya selagi gadget sebelumnya masih baik dan sanggup digunakan.

Demikian yang sanggup saya tulis, agar sanggup membantu untuk meningkatkan semangat menabung. Sekali lagi, ingatlah bahwa suatu waktu niscaya ada kebutuhan yang tidak pernah kita sangka sebelumnya. Untuk itu rajinlah menabung, sishkan sebagian uang demi kehidupan mendatag.

Baca Juga
Tips Menjadi Istri yang Pandai dalam Mengatur Keuangan Keluarga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengusaha Sukses Chris Gardner

Proses Terjadinya Haid Atau Mensturasi (Proses Haid)

Tips Sederhana Menghilangkan Rasa Malas Kuliah