Kekurangan Dan Kelebihan Blog Custom Amp (Accelerated Mobile Pages)

Pembahasan seputar AMP saya rasa kian hari semakin menarik. Pada halaman sebelumnya saya telah menciptakan postingan ihwal apa itu AMP. Sekedar mengulas kembali, AMP ialah penemuan terbaru yang dibentuk bersama pakar teknologi untuk mempercepat loading blog atau website. Kehadiran AMP menawarkan jalan terang pada pengguna smartphone (mobile) berselancar di internet. Kecepatan kanal yang dirasakan pengguna mobile tentu dirasakan pengguna desktop. Mobile yang mempunyai spesifikasi rendah saja bisa berselancar cepat apa lagi desktop yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi.

Setelah paham dan mengerti pengertian AMP selanjutnya saya juga ingin membahas apa saja kekurangan dan kelebihan AMP. Sebenarnya pembahasan ini merupakan unek-unek saya semenjak pertama kali terjun ke dunia blogger. Pertama kali saya mendengar istilah AMP ialah dari bapak Adhy Suryadi. Saat itu saya membeli template beliau, saya heran kenapa banyak customisasi template yang cukup merepotkan dan berbeda dengan template sederhana bawaan blogger, tetapi disamping itu saya mencicipi kecepatan blog saya berbeda dari sebelumnya. Kemudian saya bertanya dan dia menjelaskan sedikit ihwal AMP (Accelerated Mobile Pages/ Halaman Mobile yang dipercepat) serta memberi citra singkat akan kehebatan template AMP.

Pembahasan seputar AMP saya rasa kian hari semakin menarik Kekurangan dan Kelebihan Blog Custom AMP (Accelerated Mobile Pages)

Sebagai penguat pertimbangan agar lebih mantap menggunakan template AMP, saya browsing kesana kemari hingga hingga di blognya Kang Ismet. Melihat percakapan-percakapan di kolom komentar ternyata cukup menarik memang pembahasan AMP. Ada yang menikmati laba menggunakan platform AMP ada juga yang mengeluh akan susahnya hukum yang harus diterapkan agar valid AMP.

#1. Kekurangan Blog Custom AMP


AMP belum usang resmi diluncurkan, gres kemarin tanggal 24 Februari 2016. Makara masih tergolong gres dan butuh jam terbang lebih lama, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengembang (AMP Projek) dan juga bagi pengguna (publisher). Berikut beberapa kekurangan Kekurangan Blog Custom AMP yang bisa saya kumpulkan:

1.1 Tampilan sederhana

Sesuai yang teman-teman lihat pada blog ini, tampilannya simpel dan sederhana. Sebab banyak fitur custom bawaan blogspot yang belum support untuk AMP, mirip form contact, komentar blogger, navigasi arsip blog, dll. Meski demikian masih ada cara alternatif lain untuk menambahkan fitur custom bawaan blogspot tersebut, mirip menggunakan hosting github sebelum menambahkan form contact, menggunakan komentar disqus sebagai pengganti komentar blogger, dan mempelajari hukum struktur web AMP sebelum menambahkan fitur-fitur lain. Tentunya kita harus paham koding terlebih dahulu. Makara bagi teman-teman yang menyukai blog dengan desain megah atau telah terlanjur membeli template premium, maka harus merelakan pesona tampilan template aslinya.

1.2 Belum mendukung style eksternal dan javascript eksternal

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya bahwa AMP dibangun oleh 3 komponen penting diantaranya AMP HTML, AMP JS, dan Google AMP cache. Ketiganya dirancang khusus seminim mungkin serta mempunyai standar sendiri agar meningkatkan performa web. Inilah yang memungkinkan perangkat mobile yang berspesifikasi rendah sanggup dengan tepat mengakses seluruh struktur web.

Jika pada template non AMP bebas menggunakan HTML reguler dan bebas menambahkan javascript eksternal, namun semua itu tidak berlaku pada template AMP yang mempunyai standar sendiri, akan hal ini AMP Projek mempunyai pustaka sendiri.

1.3 Pengguna (pemilik blog) harus bekerja ekstra

Aturan khusus yang harus diterapkan agar valid AMP seolah-olah memaksa pengguna harus bekerja ekstra. Misalnya dikala menciptakan postingan, ada beberapa hukum berbeda dengan postingan non AMP. Diantaranya penerapan CSS inline pada postingan dihentikan ada tag style, untuk mengatasinya maka harus menciptakan CSS sendiri mengganti tag style menjadi class. Lebih lengkapnya bisa dibaca pada postingan saya sebelumnya.

Baca juga:
Memahami Cara Edit CSS pada Template AMP

Tidak hanya itu, pengguna usang yang sudah mempunyai banyak postingan juga harus benar-benar bekerja ekstra memperbaiki semua postingan agar valid AMP. Bahkan ada yang hingga rela meluangkan waktunya untuk kembali mengedit 800 postingan.

1.4 Bukan jaminan SEO

Meski google sangat menganjurkan kepada pengguna untuk beralih ke AMP, tetapi itu tidak menjadi jaminan blog menjadi semakin SEO. Kita niscaya sudah tahu bahwa konten ialah raja. Makara yang menjamin kualitas blog kita ialah isi konten pada blog kita, bukan kecepatan blog. Meskipun begitu kalau tidak diimbangi dengan kecepatan blog pengunjung pun merasa tidak nyaman. Percuma juga mempunyai konten berkualitas tetapi pengunjung enggan kembali mengunjungi blog kita.

1.5 Kekurangan lain yang pernah saya alami

Belum genap 2 bulan saya menggunakan template AMP, belum banyak pengalaman yang saya dapatkan. Tetapi mungkin juga perlu saya sampaikan sebagai pertimbangan akan kekurangan AMP. Ada hal yang yang menciptakan saya resah yaitu dikala submit url sehabis postingan saya publikasikan, bisa pribadi muncul di halaman mesin pencari tetapi sela beberapa hari saya cek kembali judul postingan saya tadi tidak muncul (hilang). Akhirnya saya submit url lagi untuk kedua kalinya, sehabis itu barulah muncul sebagai url permanen. Saya cek beberapa hari tetap muncul. Entah apa penyebabnya hingga sekarang saya masih belum mengerti. Yang terperinci saya harus submit url-nya hingga dua kali.

#2. Kelebihan Blog Custom AMP


Meskipun AMP masih tergolong gres dan mempunyai barbagai kekurangan yang butuh banyak perbaikan, namun pengembang (developer) amp projek bersama programer lain akan terus membangun dan menawarkan layanan terbaiknya. Google telah resmi meluncurkan AMP projek itu memperlihatkan bahwa AMP bukan lagi dalam tahap percobaan, tetapi siap untuk diaplikasikan penggunanya. Makara tidak menutup kemungkinan proyek AMP akan terus berkembang pesat. Berikut kelebihan blog custom AMP yang sanggup saya simpulkan:

2.1 Halaman menjadi sangat ringan

AMP dibangun oleh tiga komponen penting mirip yang saya jelaskan di atas. Ketiga komponen tersebutlah yang menciptakan halaman blog menjadi sangat ringan, sehingga kecepatan kanal meningkat. Dan tidak hanya itu, pengguna juga bisa menghemat data internet. Biasanya pengunjung yang tiba ke blog kita hanya mencari info yang diinginkan saja, habis itu pribadi pergi begitu saja. Nah kalau pemilik blog menggunakan custom AMP maka pengunjung tidak perlu takut kehabisan data internet sehingga bisa leluasa mencari informasi-informasi terkait.

2.2 Meningkatkan peringkat pada halaman mesin pencari

Meskipun AMP bukan jaminan SEO, tetapi kalau kita memperhatikan meningkatkan secara optimal SEO terdapat hal penting yang harus diperhatikan yaitu kecepatan loading halaman. Kecepatan kanal memungkinkan blog menempati peringkat baik di SERP (Search Engine Result Page), apalagi kalau di imbangi dengan isi konten yang berkualitas. Saya ibaratkan saja mirip lomba balap lari, pelari tercepatlah yang menjadi juaranya, atau dikala kita menenggelamkan beberapa benda ke dalam air maka benda teringan yang akan muncul kepermukaan.

2.3 AMP merupakan proyek open source

Ini artinya siapa saja boleh ikut serta bergabung bersama proyek AMP. Inilah yang menarik bagi programer web yang suka koding, proyek AMP mempersilahkan mereka untuk berkontribusi mengembangkan kemajuan AMP. Nah bagi teman-teman programer bila tertarik silahkan mencoba dan diskusi bersama pakar-pakar developer AMP untuk mengembangkan bakat. Andai saja saya mahir koding niscaya saya ikut bergabung.

2.4 Kelebihan AMP lain yang saya rasakan

Meski saya blogger pemula belum tahu banyak soal koding tetapi saya justru menikmatinya. Dengan menggunakan template AMP impian saya untuk berguru semakin meningkat. Dari sini saya bisa mengenal HTML, JavaScript, CSS, dan struktur web lain.

Kebanggan lain juga saya rasakan, dikala saya browsing beberapa judul postingan saya melalui laptop lain, ternyata jadinya sangat memuaskan. Beberapa gambar juga tampil pada posisi yang tidak mengecewakan.

Pembahasan seputar AMP saya rasa kian hari semakin menarik Kekurangan dan Kelebihan Blog Custom AMP (Accelerated Mobile Pages)

Apakah teman-teman sudah menggunakan AMP atau masih ragu untuk beralih ke AMP? Semoga dengan apa yang saya bagikan di atas bisa menjadi pertimbangan. Atau untuk menerima refrensi lebih lengkap lagi bisa kunjungi website MOZ, sebagian besar goresan pena ini saya ambil dari website tersebut. Memang bukan suatu keharusan bagi pengguna agar beralih menggunakan AMP, tetapi dari sekian bacaan saya, google telah menganjurkan untuk segera beralih ke AMP.

Kalau berdasarkan saya sih kalau jumlah postingan teman-teman belum hingga 100, ada baiknya beralih memasang template AMP. Apabila mengalami kesulitan kita bisa saling sharing bersama membuatkan pengalaman, jadinya kita bisa sama-sama belajar. Atau ingin menunggu hingga AMP projek benar-benar memudahkan pengguna juga tidak apa-apa. Terserah pendapatnya masing-masing.

Demikian Kekurangan dan kelebihan blog AMP yang bisa saya bagikan. Sebagai pelengkap rujukan saya dan guna lebih membantu sahabat lain, kalau berkenan silahkan masukkan pendapat teman-teman ihwal kelebihan dan kelemahan AMP, mungkin masih banyak yang belum saya sebutkan di atas. Soalnya blog ini berplatform blogspot, jadi belum mengerti banyak dengan permasalahan blog yang berplatform wordpres.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengusaha Sukses Chris Gardner

Proses Terjadinya Haid Atau Mensturasi (Proses Haid)

Tips Sederhana Menghilangkan Rasa Malas Kuliah